Laman

Minggu, 10 Februari 2013

CARA MENCARI KERUSAKAN SISTIM PENGAPIAN MOTOR



Beberapa gambar di atas merupakan hasil pencarian google
 Sebelum kita membahas tentang tata cara mencari kerusakan sisitim pengapian ada baiknya pembaca mengetahui bahwa sisitim pengapian motor bensin secara garir besar terdiri dari 3 macam. yakni sistim convensional, sistim electrik seperti sekarang ini yang lazim disebut dengan CDI. yang terdiri dari 2 macam yaitu menggunakan arus AC secara langsung dan menggunakan arus DC yang berasal dari hasil perubahan arus AC ke DC melalui regulator yang lazim di sebut dengan kiprok.
Tulisan ini ditulis secara otodidak, tentunya penulis tidak akan membahas teori yang terlalu rumit dan menurut saya dipandang hanya sebagai pendukung bukan menjadi patokan, karena menurut pengalaman di lapangan terkadang teori harus agak dikesampingkan meskipun tetap menjadi acuan.
Kita kembali ke pokok permasalahan,  yaitu cara mencari kerusakan sisitim pengapian, untuk posting kali ini saya membahas tentang sistim pengapian sepeda motor supra 100cc dan sejenisnya (astrea 800, astrea star, astrea frima,suprafit,supra x, fit new revo 100cc dan jenis-jenis motor cina seperti KTM, viar, jealing,beajing, sanex dll)  untuk jenis yang lain akan di bahas pada posting berikutnya.
Segitu banyak merk di  atas pada dasarnya memiliki sistim pengan pian yang sama selain sfoel, sfoel terdiri dari 2 persi, ada sfoel untuk lampu digabung dengan sfoel mesin adayang terpisah, cara membedakannya gulungan yang halus untuk mesin dan kawat gulungan yang besar untuk lampu.
Mencari kerusakan sisitim pengapian hampir tidak ada bedanya dengan mencari kebocoran pengairan irigasi, bila di temukan air tidak mengalir kita menyusuri sampai ke tempat sumber air.
Memeriksa sisitim kerusakan sisitim pengapian tahap-tahapnya sebagai berikut:

    Lepaskan kabel busi, on kan stof contak, atur jarak ujung kabel busi ke body mesin kira-kira jarak sebatang rokok, lalu starter motornya, dan lihat, apakah ujung kabel mengeluarkan loncatan api atau tidak, jika mengeluarkan loncatan api berarti pengapian ada, tapi perlu di ketahui, apa bila loncatan api terlalu mengucur lebih cepat dari putaran mesin terbaca ada kerusakan pada alat sistim yang menurut pengalaman penulis ada dua kemungkinan, yaitu unit CDI atau fullser yang terdapat pada bak mahnit berwarna hitam dengan ukuran lebih kurang sebesar ujung jempol.
bila di temukan api yang keluar normal coba periksa busi, lepaskan busi dari kepala selinder dan sambung ke kabel coil (kabel busi)  coba ulangi cara yang tadi dengan menempelkan body busi ke body mesin. jika busi tidak mengeluarkan api, dapat di simpulkan busi yang rusak.
  Apa bila cara pengetesan yang pertama tadi ( melihat loncatan api pada ujung kabel coil) dan ujung kabel coil(kabel busi) tidak mengeluarkan api, langkah-langkah berikutnya  adalah sebagai berikut:
  1. buka cover body untuk mencari tempat penyimpanan unit CDI
  2. siapkan alat multi tester atau bisa digunakan alat yang dibuat sendiri dari batray dan bola lampu sain dimasukkan ke sarang lampu sain, keguna`annya untuk mengetahui  arus listrik tersambung atau tidak.
  3. Cabut unit CDI dari kabel soketnya.  ambil multi tester posisikan pada ohm, temukan kabel merah dengan hitam, apakal alat (multi tester) berpungsi atau tidak ( ketika di temukan kabel hitam dan merah jarum amper agan bergerak.
  4. Colokkan kabel multi tester berwarna hitam ke body mesin, lalu colokkan kabel warna merah ke dalam kabel soket CDI secara berurutan dan pastikan ujung colok menyentuh pelat yang berada didalam sarangnya.
dari kelima kabel yang terdapat dalam sarang tersebut hanya satu kabel yang tidak terhubung ke massa body yaitu kabel contak (pastikan contak dalam posisi on) kalau masih pabrikan berwarna hitam bergaris putih, tempatnya di tengah lurus dengan kuku pengunci. apabila kabelnya menyambung arus berarti kunci contaknya rusak atau ada kabel yang conslet.
apa bila ditemukan salahsatu atau beberapa kabel selain kabel contak tidak menyambung arus berarti ada kabel yang putus atau komponen yang rusak.
Telusuri kabel yang terputus dengan menghubungkan ujung kabel pada soketCDI ke obyek yang semestinya arus terhubung. sebagai patokan jika masih pabrikan, warna merah kehitaman sfoel, warna biru fullser, warna kuning coil,dan warna abu-abu massa body.
  1. jika ke empat kabel semua telah terhubung tapi tetap tidak mengeluarkan loncatan bunga api pada ujung kabel coil, menandakan ada komponen yang rurak.
  2. kita mulai dengan cara memeriksa keberada`an fungsi sfoel terlebih dahulu, caranya lepaskan sambungan kabel warna hitam kemerahan dari bak mahnit, starter motornya sambil mengonsletka ujung kabel tadi ke body mesin motor, jika terlihat mengeluarkan api pastikan tegangan yang dikeluarkan mencukupi atau tidak. caranya pegang ujung kabelnya sambil menstarter manual secara berlahan hingga terasa ada sentrum yang mampu membuat kejut, jika di starter dengan kencang tidak terasa ada sentrum yang terasa berarti sfoel yang bermasalah atau kurang berfungsi.
  3. Apabila di temukan sfoel berfungsi dengan baik berarti salah satu CDI atau coil yang rusak.
  4. Untuk mengetahui condisi coil caranya  masukkan arus 12 volt, body coil berfungsi sebagai massa (-) dengan menbuat arus nyala putus, coil yang masih baik akan mengeluarkan bunga api.
Untuk mengetahui kerusakan CDI tidak akan penulis terangkan disini, karena terlalu rumit, penulis menyarankan menggunakan CDI lain untuk bahan pengetesan. 
Bagi pembaca yang merasa perlu mengajukan pertanya`an, silahkan di comen, insya Allah akan dijawab.

36 komentar:

  1. gan , numpang tanya nih , motor ane astrea legenda , mesin ga ada masalah , tapi masalahnya di pengapiannya , gimana solusi nya tuh ?

    BalasHapus
  2. gan bagaiman cara menentukan soket CDI dengan multi tester

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca dengan cermat cara-cara di atas.

      Hapus
  3. gmn cara cepat untuk mengetahui pengapian motor DC

    mksh,

    BalasHapus
  4. Bang motor ane vario 2007 motor klo di kick starter gak hidup2 dan electrik starter mati ga hidup jga tpi klakson dan sein msih normal .kira2 apa yg rusang bang apakah ada kabel pengapianbyg putus ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek pengapian di ujung coil terlebih dahulu. kalau ujung cuil tidak mengeluarkan bunga api berarti ada komponen yang rusak atau jaringan kabel yang putus, jika ujung cuil mengeluarkan bunga api berarti permasahannya pada karburator atau kompresi.

      Hapus
  5. gan motor ane fizr..udah gonta ganti koil pas kena hujan atau habis dicuci tu koil pasti rusak..terkhir pakai koil yz125 pas kena hujan motor mbrebet pas mati..di liat listrikx d kabel koil gag ad sama sekali..kira2 pa yg yg buat koil cepet mati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hilang pengapian bukan berarti coil pasti rusak, pengapian terdiri dari beberapa komponen. menurut saya jika pengapian hilang saat basah berarti ada sambungan kabel yang kurang terisolasi, karena air menghantarkan arus, sehingga terjadi hubungan singkat antara kabel yang semestinya tidak bersentuhan. cek semua sambungan soket dan kaber jaringan pengapian.

      Hapus
  6. gan, motor fu ane kan abis belah mesin, tapi pas mesinnya udah jadi, ko motornya kaya keilangan kompresi gitu.. itu karena pengaruh dari sistem pengapian yang eror atau gimana gan??
    tapi sih pas dicoba langkah2 diatas, loncatan api di body busi masih top..

    minta solusinya yah gan..
    makasih..

    bales ke email saya yah gan, penting..
    aditya.teef@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau abis bongkar mesin kompresi hilang, berarti ada kesahan tehnis pemasangan komponen. coba cek stelan timeng kompresi. stelan yang tepat adalah ketika piston turun kebawah( langkah hisap) klep bahan bakar mulai terbuka. pada gigi sentrik (gir rantai klep bagian atas) ada tanda titik. tenda titik harus lurus dengan poros engkol saat piston pada posisi TMA (titik mati atas) jika stelan terlalu jauh meleset akan menyebabkan klep bengkok.

      Hapus
  7. gan ane mau nanya...klo api kadang ada kadang ilang itu apanya ya? jd klo kondisi motor dingin motor nyala, tapi klo udah panas motor mati dan ga ada apinya.

    minta pencerahannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor mogok atau kehilangan pengapian saat mesin panas, biasanya kerusakan pada komponen yang terdiri dari gulungab. ada dua pengapian yang terbuat dari gulungan, yaitu coil dan sfoel. sipat besi (gulungan) pada temperatur tinggi akan memuai, sehingga lapisan kumparan (gulungan) terpecah, dan terjadilah hubungan singkat antara gulungan itu sendiri dan tidak berpungsi. pada waktu dingin gulungan akan kembali normal sehingga bisa bekerja meskipun tidak sempurna.

      Hapus
  8. motor saya klo masih dingin susah untuk dihidupkan,tapi bila sudah mau hidup tidak ada masalah...kira-kira kerusakannya apa ya mas admin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah hidup saat dingin kemungkinan kerusakan pada karburator, bahan bakar sipatnya memuai, sehingga pasa saat pertama akan dihidupkan pada ruang bakar terlalu kaya bahan bakar dan kekurangan udara, caranya tarik gas sampai full, supaya udara banyak nasuk ke ruang bakar,
      Kebocoran kompresi bisa juga menyebabkan hal yang demikian, karena pada saat dingin besi pada volume standar, dan ketika panas akan memuai, sehingga celah kebocoran akan tertutup.

      Hapus
  9. coba gan jawab semuanya pertanyaan para blogger ini semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Baru kali ini saya sempat balas sekalian, karena selama ini condisi jaringan di daerah saya kurang mendukung, baru sekarang saya menemukan solusinya.
      Sebagai masukan saja buat rekan -rekan ternyata menggunakan kabel sambungan USB untuk modem, pengaruhnya cukup besar, mudah mudahan berpanpaat juga buat rekan-rekan yang miskin sinyal. ha ha ha

      Hapus
    2. mas maaf mau tanya ciri ciri koil ac mati seperti apa ,.,.
      motor saya honda grand ,
      saya udah coba seperti cara di atas ,
      saya curiga dengan 2 komponen yaitu cdi dan koil
      karena dari spul udah ada percikan bunga api.
      tapi pas checking socket cdi ada yang kurang faham juga , pas kabel hitam setrip putih itu ke atas na ndak nyambung ke mana mana ( buntu ) terus pas saya checking koil pas kabel hitam dan hijau na pake multitester seperti ada trip ( konsleting)
      saya coba kasih arus 12 v ke kabel hitam koil dan massa ke kabel hijau / bodi coil, ada gejala konslet apakah itu tandanya koil saya mati ?
      terimakasih saya ucapkan

      Hapus
    3. Sfoel yang berpunsi menghidupkan mesin warna merah kehitaman, sfoel dalam kondisi yang baik jika di sentuh saat distarter akan ada sentruman, boleh dicoba, sekalian untuk melancarkan peredaran darah ha ha ha.
      Kabel hitam garis putih adalah kabel contak, saat contak dalam posisi "on" ujung kabel tersebut tidak menyentuh apapun (harus lepas).
      Coil yang baik jika dibuat arus nyala putus ("+ "dari Unit CDI dan"-" ke body coil) pada ujung kabel ke busi akan mengeluarkan loncatan bunga api jika didekatkan ke body (-).

      Hapus
  10. Gan motor ane gk bisa stater knp ya padahal pengapian sama aki bgus?
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau enggak bisa starter banyak paktor yang menjadi penyebab. coba cek pada kabel stsrter, on kan contak, gunakan bola lampu sain ( lebih aman jika di pasang pada soket lsmpu sain ) jika saat di starter lampu menyala berarti kerusakan ada pada komponen starter, kemungkinan mungkin karbonnya rusak.
      jika lampu tidak menyala berarti rellay star ter tidak bekerja. jika di starter ada bunyi pada "tak" pada unit rillay sefdangkan lampu yang tadi tidak menyala berarti komponen rillainya asu atau rusak.
      jika tidak ada bunyi sama sekali.
      singkatnya periksa arus listrik secara bertahap. mulai dari contak, tombol, rillay hinhgga ke unit starter. pasti akan tau dimana tempat arus listrik terputus.gunakan logika seperti mencari tempat kebocoran irigasi, ha ha ha .

      Hapus
  11. mau tanya dong , motor kalo cepat panas itu ga apa apa ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin panas sepanjang tidak menimbulkan masalah tidak apa apa. karena pada mesin ada dapur pembakaran yang bersuhu ribuan drajat c. mesin akan bekerja maksimal pada suhu panas tertentu, kalau ada api pasti ada panas doooog.

      Hapus
  12. Pak mohon dibantu. Yamaha RX 125 (twin). pengapiannya tidak ada sebelah.
    jadi ketika dicabut kabel koil sebelah KIRI, MESIN HIDUP.
    tatapi ketika dicabut kabel koil sebelah KANAN, MESIN MATI.
    kesimpulan sementara saya, tidak ada pembakaran di ruang bakar sebelah kiri. CMIIW.
    sarannya gmna Pak prosedur pemeriksaan yg benar. busi keduanya baru, dan ketika dites, keduanya mengeluarkan bunga api. sekedar info, busi KANAN kering hampir merah bata. tetapi busi KIRI selalu basah. fyi, yamaha twin nya platinanya sudah diganti ke CDI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya tambahan. tekanan kompresi kiri 60 psi, kanan 90 psi.

      Hapus
    2. setelah ganti CDI motor pernah hidup apa belum? pengantian sistim pengapian dari convensional (platina) harus membaca prinsip kerja mesin. Pada mesin 2 slinder atau lebih sistim kompresinya bergantian, alias tidak bersamaan.
      sebagai masukan, sebaikmya CDI yang dipakai CDI yang menggunakan fulser. karena waktu pengapiannya dapat di atur pada tonjolan pada bagian luar mahnit. tonjolan dan dudukan fulsernya harus dibuat sendiri.

      Hapus
  13. mas mau tanya dong motor saya suprafit lama.mesin menyala tapi kalo diputaran tinggi jadi brebet. trus mati dinyalain susah lgsung mati total kirakira apa y

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. mas motor saya vega-r thn 2005 kerusakan pada motor saya selalu sfoel nya terus yang jebol pdhl udah 3x ganti... kira2 apanya yang mesti di cek???

    BalasHapus
  16. bos awalnya smash ane hilang pengapian stelah q koprek nyala lg.tp lampu depan redup<tolong solusiny???motorq tanpa aki

    BalasHapus
  17. Motor saya vega r 2008. Motor saya kalau pertama jalan lancar lalu tiba2 mati tersendat2 gabisa digas, namun ketika tersendat2 saya tekan starter lalu bisa jalan kembali. Jadi saya harus starter + gas, tapi kalau starter dilepas cuman gas aja motor langsung mati. Mohon pencerahannya thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah ganti CDI sama pulser(tanpa spul)

      Hapus
  18. Motor saya legenda gan,udh 4x ganti spul,spul jbol terus,coil juga udh di ganti,apa ny y gan trims

    BalasHapus
  19. bos.. mio 2008 ane kecil api ny dr coil.... dari cdi bgus.. coil ny sendiri di tes di motor lain g masalah.. semua coil di coba di motor ane kecil... masa body normal.. ap yg jadi masalah.. gmn solusi ny .. mksh info ny bos..

    BalasHapus
  20. mas sy mau nanya mtr sy Honda grand impressa habis turun mesin, kendalanya mesin hidup tp di gas ga mau naik putaran, padahal karbu sudah bersih dan semburannya normal pengapian di busi sy tes bagus dan timing sudah pas.

    BalasHapus
  21. mas mau nanya, motor sy FU 2009, masalahnya setiap di gas di rpm rendah antara 2-4 gas motor putus2 tenaga motor jg hilng, kalo sdh di rpm 5 keatas gasnya normal n tenagax motor sdh ada. jadinya motor sy tidak bsa di pakai jalan pelan soalnya tenaga motor tdak normal kalau pelan... sy sdh coba ganti busi koil n cdi tpi hasilnya nihil

    BalasHapus
  22. bang..motor sy beat 2010.klo di elektrik statar suka keluar bunyi....ngiiiiiiiiiiiiiiiikk....ktika mesin mo mulai hdup dan tombol elktrik stater dilepas. tlg ksi solisi apa yang rusak.trimakasih...

    BalasHapus