Minggu, 10 Februari 2013

CARA MENCARI KERUSAKAN SISTIM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR NON INJEKSI




 Sebelum kita membahas tentang tata cara mencari kerusakan sisitim pengapian ada baiknya pembaca mengetahui bahwa sisitim pengapian motor bensin secara garir besar terdiri dari 3 macam. yakni sistim convensional, sistim electrik seperti sekarang ini yang lazim disebut dengan CDI. yang terdiri dari 2 macam yaitu menggunakan arus AC secara langsung dan menggunakan arus DC yang berasal dari hasil perubahan arus AC ke DC melalui regulator yang lazim di sebut dengan kiprok.
Tulisan ini ditulis secara otodidak, tentunya penulis tidak akan membahas teori yang terlalu rumit dan menurut saya dipandang hanya sebagai pendukung bukan menjadi patokan, karena menurut pengalaman di lapangan terkadang teori harus agak dikesampingkan meskipun tetap menjadi acuan.
Kita kembali ke pokok permasalahan,  yaitu cara mencari kerusakan sisitim pengapian, untuk posting kali ini saya membahas tentang sistim pengapian sepeda motor supra 100cc dan sejenisnya (astrea 800, astrea star, astrea frima,suprafit,supra x, fit new revo 100cc dan jenis-jenis motor cina seperti KTM, viar, jealing,beajing, sanex dll)  untuk jenis yang lain akan di bahas pada posting berikutnya.
Segitu banyak merk di  atas pada dasarnya memiliki sistim pengan pian yang sama selain sfoel, sfoel terdiri dari 2 persi, ada sfoel untuk lampu digabung dengan sfoel mesin adayang terpisah, cara membedakannya gulungan yang halus untuk mesin dan kawat gulungan yang besar untuk lampu.
Mencari kerusakan sisitim pengapian hampir tidak ada bedanya dengan mencari kebocoran pengairan irigasi, bila di temukan air tidak mengalir kita menyusuri sampai ke tempat sumber air.
Memeriksa sisitim kerusakan sisitim pengapian tahap-tahapnya sebagai berikut:

    Lepaskan kabel busi, on kan stof contak, atur jarak ujung kabel busi ke body mesin kira-kira jarak sebatang rokok, lalu starter motornya, dan lihat, apakah ujung kabel mengeluarkan loncatan api atau tidak, jika mengeluarkan loncatan api berarti pengapian ada, tapi perlu di ketahui, apa bila loncatan api terlalu mengucur lebih cepat dari putaran mesin terbaca ada kerusakan pada alat sistim yang menurut pengalaman penulis ada dua kemungkinan, yaitu unit CDI atau fullser yang terdapat pada bak mahnit berwarna hitam dengan ukuran lebih kurang sebesar ujung jempol.
bila di temukan api yang keluar normal coba periksa busi, lepaskan busi dari kepala selinder dan sambung ke kabel coil (kabel busi)  coba ulangi cara yang tadi dengan menempelkan body busi ke body mesin. jika busi tidak mengeluarkan api, dapat di simpulkan busi yang rusak.
  Apa bila cara pengetesan yang pertama tadi ( melihat loncatan api pada ujung kabel coil) dan ujung kabel coil(kabel busi) tidak mengeluarkan api, langkah-langkah berikutnya  adalah sebagai berikut:
  1. buka cover body untuk mencari tempat penyimpanan unit CDI
  2. siapkan alat multi tester atau bisa digunakan alat yang dibuat sendiri dari batray dan bola lampu sain dimasukkan ke sarang lampu sain, keguna`annya untuk mengetahui  arus listrik tersambung atau tidak.
  3. Cabut unit CDI dari kabel soketnya.  ambil multi tester posisikan pada ohm, temukan kabel merah dengan hitam, apakal alat (multi tester) berpungsi atau tidak ( ketika di temukan kabel hitam dan merah jarum amper agan bergerak.
  4. Colokkan kabel multi tester berwarna hitam ke body mesin, lalu colokkan kabel warna merah ke dalam kabel soket CDI secara berurutan dan pastikan ujung colok menyentuh pelat yang berada didalam sarangnya.
dari kelima kabel yang terdapat dalam sarang tersebut hanya satu kabel yang tidak terhubung ke massa body yaitu kabel contak (pastikan contak dalam posisi on) kalau masih pabrikan berwarna hitam bergaris putih, tempatnya di tengah lurus dengan kuku pengunci. apabila kabelnya menyambung arus berarti kunci contaknya rusak atau ada kabel yang conslet.
apa bila ditemukan salahsatu atau beberapa kabel selain kabel contak tidak menyambung arus berarti ada kabel yang putus atau komponen yang rusak.
Telusuri kabel yang terputus dengan menghubungkan ujung kabel pada soketCDI ke obyek yang semestinya arus terhubung. sebagai patokan jika masih pabrikan, warna merah kehitaman sfoel, warna biru fullser, warna kuning coil,dan warna abu-abu massa body.
  1. jika ke empat kabel semua telah terhubung tapi tetap tidak mengeluarkan loncatan bunga api pada ujung kabel coil, menandakan ada komponen yang rurak.
  2. kita mulai dengan cara memeriksa keberada`an fungsi sfoel terlebih dahulu, caranya lepaskan sambungan kabel warna hitam kemerahan dari bak mahnit, starter motornya sambil mengonsletka ujung kabel tadi ke body mesin motor, jika terlihat mengeluarkan api pastikan tegangan yang dikeluarkan mencukupi atau tidak. caranya pegang ujung kabelnya sambil menstarter manual secara berlahan hingga terasa ada sentrum yang mampu membuat kejut, jika di starter dengan kencang tidak terasa ada sentrum yang terasa berarti sfoel yang bermasalah atau kurang berfungsi.
  3. Apabila di temukan sfoel berfungsi dengan baik berarti salah satu CDI atau coil yang rusak.
  4. Untuk mengetahui condisi coil caranya  masukkan arus 12 volt, body coil berfungsi sebagai massa (-) dengan menbuat arus nyala putus, coil yang masih baik akan mengeluarkan bunga api.
Untuk mengetahui kerusakan CDI tidak akan penulis terangkan disini, karena terlalu rumit, penulis menyarankan menggunakan CDI lain untuk bahan pengetesan. 
Bagi pembaca yang merasa perlu mengajukan pertanya`an, silahkan di comen, insya Allah akan dijawab.

189 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. gan bagaiman cara menentukan soket CDI dengan multi tester

    BalasHapus
  3. gmn cara cepat untuk mengetahui pengapian motor DC

    mksh,

    BalasHapus
  4. Bang motor ane vario 2007 motor klo di kick starter gak hidup2 dan electrik starter mati ga hidup jga tpi klakson dan sein msih normal .kira2 apa yg rusang bang apakah ada kabel pengapianbyg putus ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek pengapian di ujung coil terlebih dahulu. kalau ujung cuil tidak mengeluarkan bunga api berarti ada komponen yang rusak atau jaringan kabel yang putus, jika ujung cuil mengeluarkan bunga api berarti permasahannya pada karburator atau kompresi.

      Hapus
    2. klo itu prmslahannya,coba d cek scra berurut mulai dr busi,koil,cdi,dn yg trakir spull

      Hapus
  5. gan motor ane fizr..udah gonta ganti koil pas kena hujan atau habis dicuci tu koil pasti rusak..terkhir pakai koil yz125 pas kena hujan motor mbrebet pas mati..di liat listrikx d kabel koil gag ad sama sekali..kira2 pa yg yg buat koil cepet mati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hilang pengapian bukan berarti coil pasti rusak, pengapian terdiri dari beberapa komponen. menurut saya jika pengapian hilang saat basah berarti ada sambungan kabel yang kurang terisolasi, karena air menghantarkan arus, sehingga terjadi hubungan singkat antara kabel yang semestinya tidak bersentuhan. cek semua sambungan soket dan kaber jaringan pengapian.

      Hapus
  6. gan, motor fu ane kan abis belah mesin, tapi pas mesinnya udah jadi, ko motornya kaya keilangan kompresi gitu.. itu karena pengaruh dari sistem pengapian yang eror atau gimana gan??
    tapi sih pas dicoba langkah2 diatas, loncatan api di body busi masih top..

    minta solusinya yah gan..
    makasih..

    bales ke email saya yah gan, penting..
    aditya.teef@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau abis bongkar mesin kompresi hilang, berarti ada kesahan tehnis pemasangan komponen. coba cek stelan timeng kompresi. stelan yang tepat adalah ketika piston turun kebawah( langkah hisap) klep bahan bakar mulai terbuka. pada gigi sentrik (gir rantai klep bagian atas) ada tanda titik. tenda titik harus lurus dengan poros engkol saat piston pada posisi TMA (titik mati atas) jika stelan terlalu jauh meleset akan menyebabkan klep bengkok.

      Hapus
    2. Bang motor saya supra kabel dari spul menuju cdi ada api Di korsletkan ke bodi ada api. Tapi jecil banget. Dan saya coba pegang. lalu saya engkol motor. ngga nyetrum di tangan.. Apakah yang rusak.. Tapi ada percikan api di koil. Kecil bangt. kalau di kasih busi. Malah ga ada api.. Padahl busi baru. Mohon jawaban bang

      Hapus
  7. motor saya klo masih dingin susah untuk dihidupkan,tapi bila sudah mau hidup tidak ada masalah...kira-kira kerusakannya apa ya mas admin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah hidup saat dingin kemungkinan kerusakan pada karburator, bahan bakar sipatnya memuai, sehingga pasa saat pertama akan dihidupkan pada ruang bakar terlalu kaya bahan bakar dan kekurangan udara, caranya tarik gas sampai full, supaya udara banyak nasuk ke ruang bakar,
      Kebocoran kompresi bisa juga menyebabkan hal yang demikian, karena pada saat dingin besi pada volume standar, dan ketika panas akan memuai, sehingga celah kebocoran akan tertutup.

      Hapus
  8. coba gan jawab semuanya pertanyaan para blogger ini semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Baru kali ini saya sempat balas sekalian, karena selama ini condisi jaringan di daerah saya kurang mendukung, baru sekarang saya menemukan solusinya.
      Sebagai masukan saja buat rekan -rekan ternyata menggunakan kabel sambungan USB untuk modem, pengaruhnya cukup besar, mudah mudahan berpanpaat juga buat rekan-rekan yang miskin sinyal. ha ha ha

      Hapus
    2. mas maaf mau tanya ciri ciri koil ac mati seperti apa ,.,.
      motor saya honda grand ,
      saya udah coba seperti cara di atas ,
      saya curiga dengan 2 komponen yaitu cdi dan koil
      karena dari spul udah ada percikan bunga api.
      tapi pas checking socket cdi ada yang kurang faham juga , pas kabel hitam setrip putih itu ke atas na ndak nyambung ke mana mana ( buntu ) terus pas saya checking koil pas kabel hitam dan hijau na pake multitester seperti ada trip ( konsleting)
      saya coba kasih arus 12 v ke kabel hitam koil dan massa ke kabel hijau / bodi coil, ada gejala konslet apakah itu tandanya koil saya mati ?
      terimakasih saya ucapkan

      Hapus
    3. Sfoel yang berpunsi menghidupkan mesin warna merah kehitaman, sfoel dalam kondisi yang baik jika di sentuh saat distarter akan ada sentruman, boleh dicoba, sekalian untuk melancarkan peredaran darah ha ha ha.
      Kabel hitam garis putih adalah kabel contak, saat contak dalam posisi "on" ujung kabel tersebut tidak menyentuh apapun (harus lepas).
      Coil yang baik jika dibuat arus nyala putus ("+ "dari Unit CDI dan"-" ke body coil) pada ujung kabel ke busi akan mengeluarkan loncatan bunga api jika didekatkan ke body (-).

      Hapus
  9. Motor mogok atau kehilangan pengapian saat mesin panas, biasanya kerusakan pada komponen yang terdiri dari gulungab. ada dua pengapian yang terbuat dari gulungan, yaitu coil dan sfoel. sipat besi (gulungan) pada temperatur tinggi akan memuai, sehingga lapisan kumparan (gulungan) terpecah, dan terjadilah hubungan singkat antara gulungan itu sendiri dan tidak berpungsi. pada waktu dingin gulungan akan kembali normal sehingga bisa bekerja meskipun tidak sempurna.

    BalasHapus
  10. Gan motor ane gk bisa stater knp ya padahal pengapian sama aki bgus?
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau enggak bisa starter banyak paktor yang menjadi penyebab. coba cek pada kabel stsrter, on kan contak, gunakan bola lampu sain ( lebih aman jika di pasang pada soket lsmpu sain ) jika saat di starter lampu menyala berarti kerusakan ada pada komponen starter, kemungkinan mungkin karbonnya rusak.
      jika lampu tidak menyala berarti rellay star ter tidak bekerja. jika di starter ada bunyi pada "tak" pada unit rillay sefdangkan lampu yang tadi tidak menyala berarti komponen rillainya asu atau rusak.
      jika tidak ada bunyi sama sekali.
      singkatnya periksa arus listrik secara bertahap. mulai dari contak, tombol, rillay hinhgga ke unit starter. pasti akan tau dimana tempat arus listrik terputus.gunakan logika seperti mencari tempat kebocoran irigasi, ha ha ha .

      Hapus
    2. Mas maaf saya mau tanya motor saya mio soul. Tdi pas sementara dalam mengendarai tiba2 mati. Dan saya cek arus dari koil dan sempat saya pegang di kabel koil tdk mengeluarkan api. Pada hal saya baru2 saya sdh ganti cdi sama kiprok. Itu apa kendalanya yah.

      Hapus
  11. mau tanya dong , motor kalo cepat panas itu ga apa apa ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin panas sepanjang tidak menimbulkan masalah tidak apa apa. karena pada mesin ada dapur pembakaran yang bersuhu ribuan drajat c. mesin akan bekerja maksimal pada suhu panas tertentu, kalau ada api pasti ada panas doooog.

      Hapus
  12. Pak mohon dibantu. Yamaha RX 125 (twin). pengapiannya tidak ada sebelah.
    jadi ketika dicabut kabel koil sebelah KIRI, MESIN HIDUP.
    tatapi ketika dicabut kabel koil sebelah KANAN, MESIN MATI.
    kesimpulan sementara saya, tidak ada pembakaran di ruang bakar sebelah kiri. CMIIW.
    sarannya gmna Pak prosedur pemeriksaan yg benar. busi keduanya baru, dan ketika dites, keduanya mengeluarkan bunga api. sekedar info, busi KANAN kering hampir merah bata. tetapi busi KIRI selalu basah. fyi, yamaha twin nya platinanya sudah diganti ke CDI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya tambahan. tekanan kompresi kiri 60 psi, kanan 90 psi.

      Hapus
    2. setelah ganti CDI motor pernah hidup apa belum? pengantian sistim pengapian dari convensional (platina) harus membaca prinsip kerja mesin. Pada mesin 2 slinder atau lebih sistim kompresinya bergantian, alias tidak bersamaan.
      sebagai masukan, sebaikmya CDI yang dipakai CDI yang menggunakan fulser. karena waktu pengapiannya dapat di atur pada tonjolan pada bagian luar mahnit. tonjolan dan dudukan fulsernya harus dibuat sendiri.

      Hapus
  13. mas mau tanya dong motor saya suprafit lama.mesin menyala tapi kalo diputaran tinggi jadi brebet. trus mati dinyalain susah lgsung mati total kirakira apa y

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. mas motor saya vega-r thn 2005 kerusakan pada motor saya selalu sfoel nya terus yang jebol pdhl udah 3x ganti... kira2 apanya yang mesti di cek???

    BalasHapus
  16. bos awalnya smash ane hilang pengapian stelah q koprek nyala lg.tp lampu depan redup<tolong solusiny???motorq tanpa aki

    BalasHapus
  17. Motor saya vega r 2008. Motor saya kalau pertama jalan lancar lalu tiba2 mati tersendat2 gabisa digas, namun ketika tersendat2 saya tekan starter lalu bisa jalan kembali. Jadi saya harus starter + gas, tapi kalau starter dilepas cuman gas aja motor langsung mati. Mohon pencerahannya thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah ganti CDI sama pulser(tanpa spul)

      Hapus
  18. Motor saya legenda gan,udh 4x ganti spul,spul jbol terus,coil juga udh di ganti,apa ny y gan trims

    BalasHapus
  19. bos.. mio 2008 ane kecil api ny dr coil.... dari cdi bgus.. coil ny sendiri di tes di motor lain g masalah.. semua coil di coba di motor ane kecil... masa body normal.. ap yg jadi masalah.. gmn solusi ny .. mksh info ny bos..

    BalasHapus
  20. mas sy mau nanya mtr sy Honda grand impressa habis turun mesin, kendalanya mesin hidup tp di gas ga mau naik putaran, padahal karbu sudah bersih dan semburannya normal pengapian di busi sy tes bagus dan timing sudah pas.

    BalasHapus
  21. mas mau nanya, motor sy FU 2009, masalahnya setiap di gas di rpm rendah antara 2-4 gas motor putus2 tenaga motor jg hilng, kalo sdh di rpm 5 keatas gasnya normal n tenagax motor sdh ada. jadinya motor sy tidak bsa di pakai jalan pelan soalnya tenaga motor tdak normal kalau pelan... sy sdh coba ganti busi koil n cdi tpi hasilnya nihil

    BalasHapus
  22. bang..motor sy beat 2010.klo di elektrik statar suka keluar bunyi....ngiiiiiiiiiiiiiiiikk....ktika mesin mo mulai hdup dan tombol elktrik stater dilepas. tlg ksi solisi apa yang rusak.trimakasih...

    BalasHapus
  23. om motor ane mio kelistrikan mati total pdahal aki skring nasih bagus kabel kntak jga ndak putus di stater pakek kaki jga g bisa gmna mas

    BalasHapus
  24. gan mtor ane jupiter mx cw th 2009, mslah mtor ane kalo digeber putaran atas suara mesin jadi kasar trus tenaga jadi drop dkit gitu, trus lampu indikator merah di spidometer nyala (bukan karna overhead). tapi pas gas diturunin mesin jadi normal suaranya, lampu indikator juga langsung mati (normal). nah kira kira msalah mtor ane apa ya gan? mhon dibantu, thaks!

    BalasHapus
  25. Motor saya beat full injeksi di kontak nyala normal tapi di startet gak idup kaya gax ada api yg ke starter...di engkol pun gax idup

    BalasHapus
  26. Saya cek kabel yg ke cdi ada api tapi yg ke kabel busi gax ada api kira2 apa yg rusak

    BalasHapus
  27. Motor smash ...baru saja dimatikan tapi koq susah sekali dihidupin....
    tpi kalau kabel coilnya dilepas dikasi jarak ke busi kira2 1/2cm diengkol langsung hidup....
    kira2 apanya yg bermasalh bos???

    BalasHapus
  28. Knp tdk ad setrum di kabel putih dan merah,yang berasal dari fulser menuju ke cdi

    BalasHapus
  29. Motor sy gl pro neotech, masalahnya saat di slah/kick stater kadang2 api hilang trus beberapa jam/hari didiemin dislah lagi kadang ada, kadang2 api ada tapi kecil sekali. baik motor dalam kondisi panas, maupun dingin. Sy cek CDI, spul pengisian sm lampu masih bagus, coil baru. Apa masalah ada di pulser? Tks atas bantuannya

    BalasHapus
  30. Neh ada motor astrea stars udah aq ganti CDI & KOIL tetap pengapian gk ada

    BalasHapus
  31. Mas bro,, ini motor kasusnya :
    1. saat di stater ok lancar, mesin langsang,, tapi begitu digas brebet,, tapi mesin ga mati tetap hidup
    2. kadang di stater ok, di gas ok,, saat jalan beberapa km,, tiba-tiba brebet,, tapi mesin ga mati tetap hidup
    komponen yang sudah di ganti : busi sampe ganti 3 X, besin ganti jadi pertamax, saringan bensin yg di dalem tangki, kran bensin, filter kran bensin, ditambah lagi filter bensin sebelum masuk ke karbu, selang bensin,, aliaran bensin dari tangki ke karbu lancar, pelampung karbu, pilot jet dari 38 ke 42,, main jet dari 102 ke 110,, seher ganti lebih besar dari seher minerva VX 150cc ganti pakai seher tiger se set,, rantai keteng, seal rantai keteng, valve in, gear ratio 2 dan 3, kanvas kopling, koil, oli mesin sampai ganti 3 X. setelah komponen tersebut di ganti di tes pengapian bagus warna api biru,, tapi masih saja penyakit antara point 1 dan 2 itu muncul kadang brebet saat distater kadang di jalan,, malah kadang seharian normal ga masalah,,, tapi kalau sudah brebet hidupnya susah,, kadang normal dengan sendirinya,, kadang suka saya mainkan cuknya,, kadang bensin yang dikarbu saya buang terus saya isi lagi,, dimaikan gas terus-terusan,,, tapi kadang juga hal-hal tersebut dilakukan tidak pengaruh bakan sampai pakai cara suntik pertamax pakai botol aqua langsung ke karbu tetap saja,, karbu sudah ga kehitung berapa kali dibongkar disemprot pakai kompresor,, coz karbu juga bersih,, ini apanya ya mas bro ? apa spulnya apa cdinya atau apanya,,, pernah ni motor dites hidup standbay tiap 30menit digas,, sampai 1 jam hidup ga masalah,, jadi penyakitnya timbul ga tentu,, sampai bingung saya mas bro,,,??? mohon penerawangannya... Trims. jenis motor Minerva VX 150

    BalasHapus
  32. Motor saya habis bongkar turun mesin di bikin agak enak , cuma setelah pasang semua motor ngegas sendiri , karburator aman tanpa di gas motor nya gas pool sendiri , kira kira apa permasalahan ny ya mas?

    BalasHapus
  33. Askoem..om motor mau tanya motor saya kymco matic 100cc waktu itu kejadiannya pas motor sdh nyala lampu krn menjelang sore ke mlm tiba2 lampu besar mati klakson kecil lampu sein redup dan tdk berkedip,bsk pagi nya saya coba kontak posisi "on" lampu di speedo ngga nyala klason ngga bunyi apalagi elektrik stater nya kaya stroom nya ngga ada tp kalo di selah mau hidup tp kaya tdk ada tenaga nya,, saya cek aki oke, sekering ganti baru cek busi ada api nya kiprok sdh ganti baru tapi kunci kontak pada posisi on tetep tdk mau nyala...ada yg rusak dimana ya om...

    BalasHapus
  34. Motor saya udah lama mati , tapi pas mau dihidupkan gk mau hidup- hidup , apa yang rusak?

    BalasHapus
  35. Mas mau tanya, knpa motor yang udah lama mati pas dihidupkan gk bisa lagi padahal bensin masih ada dan busi nya baru gmna hidupinnya?
    Apanya yg rusak?

    BalasHapus
  36. bang grand saya ga nyala pas saya cek pengapian dengan cara menempelkan kabel ke besi dan itu ada pengapian nya tapi saya coba tempel di busi ga ada dan aneh nya pengapian nya itu ga mau kalo di busi doang

    mohon ilmu nya om

    BalasHapus
  37. Mas,tadinya pengapian motor saya hilang terus saya beli CDI baru pengapiannya sudah kembali lagi dan motor saya sudah NyAla tiba-tiba pengapiannya hilang lagi padahal kan CDI nya sudah baru saya beli tadi Kok bisa lagi hilang pengapian nya,,???
    mohon ilmu ya ya Om

    BalasHapus
  38. Bang motor saya scorpio 08..kalo pake elektrik starter susah hidup kadang ga mau hidup sama sekali dinamo starter nyala normal...tapi kalo di engkol langsung tokcer hidupnya..terus kalo saya rapatkan gap busi bisa normal..tapi rada mbrebet..kira2 apanya tuh bang..

    BalasHapus
  39. bos ini motor saya mio 2008, listrik yang masuk ke coil ada tp yang keluar dr coil ko' hilang, kadang kdang keluar tp lemah. padahal udah ta' coba sama coil yang masih normal ya ujung-ujungnya hasilnya sama, kira2 gimana ya?.....

    BalasHapus
  40. bos ini motor saya mio 2008, listrik yang masuk ke coil ada tp yang keluar dr coil ko' hilang, kadang kdang keluar tp lemah. padahal udah ta' coba sama coil yang masih normal ya ujung-ujungnya hasilnya sama, kira2 gimana ya?.....

    BalasHapus
  41. gan mau nanya motor ane nyalanya gk stabil mbrebet gtu. di cek pengapian bagus aj, apinya lancar, terus bahan bakarnya bagus. ko masih mberebet gtu ya nyalanya. tolong masukannya

    BalasHapus
  42. gan, klaw spda shogun110 koilnya ngk ada strumya. menurut anda npo.e yg rusak ?

    BalasHapus
  43. Cukup membantu ulasannya Terimakasih...ga perlu ke bengkel lagi...

    BalasHapus
  44. Ms .bro ni q kan punya spda mtr astrea.insp .ngk bsa nyala di karenakan tdk ad arus pengapian pd msin.di saat pagi mesin motor dlm keadan dingin motor ngk bsa nyala...tpi klu terus2san di stater trus di biarkan kira2 4jam mesin tu lama2 bsa nyala.saya heran ap yg rusak.businy..., q yaki ngk rusak coil jga ngk.lha menurut anda ap yg rusak ms bro....trmaksih

    BalasHapus
  45. Bang motor rc ayah ane klo di startet nga gerak sama sekali kick stater nya tp pas busi nya di lepas lalu di kick starter jd lancar kira" itu yg nga bener apa nya ya
    Minta solusi nya bang

    BalasHapus
  46. mas mau tanya , klo motor jupiter mx gak mau netral kenapa yah ,> tapi 1 sama 4 bisa ,,
    tolong di bantu ,
    terima kasih

    BalasHapus
  47. Mass.. mau nya.. mulanya bagus aja tp habis dicho rangka,, kabel nya udh di pasang kok pengapian nya hilang yah..

    BalasHapus
  48. Mass.. mau nya.. mulanya bagus aja tp habis dicho rangka,, kabel nya udh di pasang kok pengapian nya hilang yah..

    BalasHapus
  49. Gan motor saya suprax thn 2003,kadang setrum di busi ad and sekarang malah gak ad sertumnya sama sekali and spdanya mati total,klok hdup sepadanya itu bunyi mesinnya kyk ptus2 gtu,kira2 dari apanya yha gan.....????????

    BalasHapus
  50. Gan motor saya bermasalah.
    Pas di isi bensin ke tangki nya nyala.
    Tpi kalo misal nya bengsin yang di tangki nya abis. Motor nya ko jdi mati yah. Knpa yh gan.
    Ada pengaruh dari kaca spion ga yah kira².

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaa..aku juga pernah mengalami hal yg serupa dgn anda..,
      usut punya usut rupanya memang ksalahanya ada pada kaca spionnya harus pakai 4,,
      dibelakang juga harus dipasang..
      kalo udah gtu ngak usah dech diisi bensinnya,,main dorong aja motornya..beres dech,,.!!!?

      Hapus
    2. STNK nya basah mas...hehehe

      Hapus
  51. Gan.. letak koil d motor vario 110 si d sebelah mana ??

    BalasHapus
  52. Motor saya scorpio z baru ganti spul ori,semua ok tapi terdengar suara tik tik seperti loncatan api busi didalam bak magnetnya gan..kira2 knp ya

    BalasHapus
  53. Gan motor jupiter z saya ga ada pengapiannya padahal saya baru ganti koil baru . tapi saya cek CDI nya masih ada api nya . Mohon jawanbannya . thks

    BalasHapus
  54. Gan motor jupiter z saya ga ada pengapiannya padahal saya baru ganti koil baru . tapi saya cek CDI nya masih ada api nya . Mohon jawanbannya . thks

    BalasHapus
  55. salam kompak gan,,,,saya punya vega 2009,pengapian biladiadu ke body tidak kelihatan, klau di pegang terasa nyentrumnya, sekali tetap hidup,tidak bisa di gas,,,,lalu hilang,,,,,apa ya gan???

    BalasHapus
  56. salam kompak gan,,,,saya punya vega 2009,pengapian biladiadu ke body tidak kelihatan, klau di pegang terasa nyentrumnya, sekali tetap hidup,tidak bisa di gas,,,,lalu hilang,,,,,apa ya gan???

    BalasHapus
  57. Mas bro saya mau tanya saya punya motor c70 dengan masalah accu tidak mau ngisi... padahal saya udah telusuri kabel kabel dari spull
    saya udah ganti kiprok udah beli accu baru spull juga sudah di servis listrik juga ada tapi kenapa ngak mau ngisi itu accu nya

    BalasHapus
  58. Gan' mau nanya nih!
    Ni aku ada motor F1ZR'ini motor sering mati, tapi kalo di ganti busi baru hidup! Padahal busi yang lama jg masih bagus! Itu gendalanya di mana ya gan?

    BalasHapus
  59. Terimakasih bacaan nya cukup membantu,tapi yg saya masih ragu bagai mana dengan spul,masih mengeluwar kan bunga api tapi hanya kecil dan tidak begitu men nyentrum.

    BalasHapus
  60. ada pengapian tapi tidak idup

    BalasHapus
  61. Gan motor ane spin pengapian dari cdi ok tapi pas nyambung ke koil ko ga ada pengapianya padahal koil ane baru apa dong penyebabnya

    BalasHapus
  62. Bang motor ane mio 58bang pengapian ga ada sama sekali padahal udah di ganti cdi nya sama spull sama koil nya bang trus apan nya bang yg mesti ane ganti

    BalasHapus
  63. Bang motor ane mio 58bang pengapian ga ada sama sekali padahal udah di ganti cdi nya sama spull sama koil nya bang trus apan nya bang yg mesti ane ganti

    BalasHapus
  64. Gan aku ada masalah nih tentang Mio 2009
    Permasalahan nya seperti ini arus yang dari sepul kecdi ada tpi arus dari cdi ke koil gk ada gan padahal cdinya yg saya pasang baru kira" apa masalah nya gk udah pening kali ni gan dari jm 11 siang Sampek sekarang blm hidup jugk motor Mio saya
    Tolong sarannya gan

    BalasHapus
  65. Gan aku ada masalah nih tentang Mio 2009
    Permasalahan nya seperti ini arus yang dari sepul kecdi ada tpi arus dari cdi ke koil gk ada gan padahal cdinya yg saya pasang baru kira" apa masalah nya gk udah pening kali ni gan dari jm 11 siang Sampek sekarang blm hidup jugk motor Mio saya
    Tolong sarannya gan

    BalasHapus
  66. Gan aku ada masalah nih tentang Mio 2009
    Permasalahan nya seperti ini arus yang dari sepul kecdi ada tpi arus dari cdi ke koil gk ada gan padahal cdinya yg saya pasang baru kira" apa masalah nya gk udah pening kali ni gan dari jm 11 siang Sampek sekarang blm hidup jugk motor Mio saya
    Tolong sarannya gan

    BalasHapus
  67. Gan Aku ada kereta supra cdi Baru busi Baru tpi kabel2 nya ada d potong2 Maa pemilik nyaa aaku Mau tanya kenapa pengapian ada 1 x abis ITU gx ada lgi d starter manual hanya 1 x loncat abis ITU gx ada lgi gimana tuh gan??

    BalasHapus
  68. Gan Aku ada kereta supra cdi Baru busi Baru tpi kabel2 nya ada d potong2 Maa pemilik nyaa aaku Mau tanya kenapa pengapian ada 1 x abis ITU gx ada lgi d starter manual hanya 1 x loncat abis ITU gx ada lgi gimana tuh gan??

    BalasHapus
  69. Gan tolong di bantu
    Motor saya mau mati bila gas mau pol(putaran atas)karbu,businormal,pengapian normal,jadi apa kabel dari spul yang ada masalah dan cara memperbaiki nya gimana??tolong infonya

    BalasHapus
  70. gan kalo pengapian gl pro api dari cdi ke koil nggak muncul,masalahnya apa ya gan. padahal pulser sudah diganti dengan yang baru..mohon solusi nya ya gan?

    BalasHapus
  71. Gan motor saya supra x 2003 masalahnya Kalok pengapian dari coilnya ada tapi kecil banget. Kira kira kerusakan nya dimana ya?

    BalasHapus
  72. Gan motor saya supra x 2003 masalahnya Kalok pengapian dari coilnya ada tapi kecil banget. Kira kira kerusakan nya dimana ya?

    BalasHapus
  73. Gan, saya gk punya motor ,beliin donk😂

    BalasHapus
  74. Gan, saya gk punya motor ,beliin donk😂

    BalasHapus
  75. gan motor saya sogun125 motor saya tiba-tiba pengapian nya hilang,saya cobak cek pengapian spul ada apinya, pas di kabel busi gk ada percikan apinya gan.

    BalasHapus
  76. Gan.motor aku fixion new kemarin ada rusak CDI terbakar kerna korslet kabel pompa minyak....kita udah bungkusin dan di ganti CDInya. tapi pengapianya gak ada.busi tdk kluarkan percikan bunga api gan..itu masalahnya apa gan...jelaskan sedikit gan

    BalasHapus
  77. Terima kasih..

    Info nya sangat bermanfaat buat motor punya saya jupiter z 2004

    Thanks gan 😊

    BalasHapus
  78. Terima kasih..

    Info nya sangat bermanfaat buat motor punya saya jupiter z 2004

    Thanks gan 😊

    BalasHapus
  79. Mio soul saya hilang pengapiann dari spull . Saat saya ganti spull baru . Tetep gak ada apinya. Gimana sollusinya gan ???

    BalasHapus
  80. Maaf bang saya mau nanya bang
    Motor saya supra x 2004. Motor bisa hidup dan jalan tapi klo larinya dibawa 60an sura mesin putus2 kaya mau habis minyak gitu dan terdengan dri karburator suara berbunyi cusss. Cusss
    Pertamanya normal. Cuman ken hujan semalaman jadi gutu dia
    Padahal suda saya cuci karbunya buang semua minyaknya

    BalasHapus
  81. Gan aku mau tanya kenapa motor mio aku kg ada api ke coil sdng kan cdi nya bagus dan coil bagus ,.trus spul semuanya ada api kira kira apanya

    BalasHapus
  82. Pengapian spul vega r 2006 tiba2 tidak keluar api apa masalahnya bos

    BalasHapus
  83. pengapin saya dari dc pindah ke ac grand ,ane bongkar sampaek dol baut nya gimana gan
    mengatasi lubang drat yang dol pada crangcase mesin

    BalasHapus
  84. Motor smash hilang pengapian dari kabel yang ke arah koil itu gimana y, yg lain ok semua termasuk soketnya,,,,?

    BalasHapus
  85. gan morot tiger saya keluar apinya kecil jadi nga bisa ngakat mesin nyala apanya yea gan terima kasih

    BalasHapus
  86. Ass.. numpang nanya nih, motor saya Vega R 2007/08. udah ganti spul tapi spulnya jebol, minta solusinya om.

    BalasHapus
  87. Gan motorku thunder suka nyendat di putaran rendah apa masalah

    BalasHapus
  88. Om.. Spul baru,pulser baru tpi pengapiannya kadang" ada. di motor sanex
    Kira" apa ya om..

    BalasHapus
  89. Om.. Spul baru,pulser baru tpi pengapiannya kadang" ada. di motor sanex
    Kira" apa ya om..

    BalasHapus
  90. Terimakasih atas informasinya (masihbanyakpertanya'anyangbelumdijawab),jawabanataubalasan adalah termasuk informasiyangsangatberharga bagikami,terimakasih.

    BalasHapus
  91. Gann ane punya motor beat f1 ni
    Motor ane mati tapi dari pengapian ga ada selama sekali. Tapi pas waktu itu sebelum mati itu lambang injektor tor nya kadang kedip kadang kaga terus tiba tiba mati. Pas ane bongkar pengapian nya dari ujung kabel nya ga ada selama sekali kira kira apa yg rusak ya gan

    BalasHapus
  92. Klo motor smash spul cdi koil busi baguss tapi klo di gas gak bisa lari apa ya ya mass

    BalasHapus
  93. Gan kalo motor grand ketika berpergian jauh atau mesin sudah panas,ketika di gas suka mengok tapi kalo mesin sudah di dingin kan kembali seperti biasa nya...kenapa ya gan mohon solusi nya

    BalasHapus
  94. Gan,motor ane jupiter mx 2010, saat di hidupkan kick starter hidup normal,tapi saat di gas,rpm mesin tidak naik malah nyendat-nyendat,,, selain itu kira-kira bermasalah dimananya ya?

    BalasHapus
  95. Om motor saya tidak mau starter tangan dan cdi nya tdk nyala, padahal cdi nya normal, tapi listrik ke lampu dan klakson lancar Jaya, kadang kalo di diamkan kembali normal sendiri om, kira2 apanya bermasalah om?

    BalasHapus
  96. kang knpa mtor tiger saya klo kabel kuil nempel ama busi/pake cangklong mtor jd brebet pngapian gk stabil, tp klo d rnggangkan/di lpas cangklongnya skitar 3cm pngapian normal..??

    BalasHapus
  97. Mau tanya bos, motor mio saya tiba2 mati sendiri, cdi sudah saya ganti baru tapi masih belum bisa, baru dipakai sebentar mati lagi mohon diberikan solusinya

    BalasHapus
  98. Mau tanya bos, motor mio saya tiba2 mati sendiri, cdi sudah saya ganti baru tapi masih belum bisa, baru dipakai sebentar mati lagi mohon diberikan solusinya

    BalasHapus
  99. CDI dan pulser udah diganti,tpi api nya tetap ga ada kira2 itu apanya

    BalasHapus
  100. CDI dan pulser udah diganti,tpi api nya tetap ga ada kira2 itu apanya

    BalasHapus
  101. Motor jupiter mx ane gaka ada apinya gan, udah cek semua gak ada apinya,, terus saya ganti spoll baru, eh tetep gak ada apinya, salahnya di mana ya, apa magnit berpengaruh gan?

    BalasHapus
  102. Oh iya gan, kalo bisa penjelasnya lengkap dan cepat, thanks bang

    BalasHapus
  103. maaf gan kalo motor mio ane pengapiannya tar ada ntar nggak gan apanya yaaa.... makasih

    BalasHapus
  104. kalau buat smas 110SR gimnan min. mesin hidup tpi saat gas di tarik dia g mau naik gas nya bunyi nya seperti tenaga g mau naik. itu apa ny yg rusak ??? mohon bantuan nya. trima kasih

    BalasHapus
  105. Gan ane mau tanya... Aku punya honda karisma... Tapi heran kenapa di ujung coilx kadang mengeluarkan percikan kadang juga hilang... Jadi menyala sebentar mati lagi... Kira2 apa yahh

    BalasHapus
  106. om ane mau tanya kabel yang berwarna biru dri spul klo di kick stater kok ngak ada api nya gl neotec om

    BalasHapus
  107. Gan maaf mengganggu.. mohon solusinya.. motor Mio ane pas ane bawa tau2 mati pas ane liat kabel masa yang digabung dinamo stater copot jadi gaa bisa distarter seperti aki tekor nah pas ane pasang lagi kabel masa tersebut bisa lahh motor distarter tapi malah pengapiannya cuma ada sesekali percikannya.. ane kira itu koilnya ane beli baru ternyata sama aja.. kira2 apanya yaa gan..?? Mohon solusinya yaa..??

    BalasHapus
  108. Motor saya honda beat karbu, keadaan kontak mati, kabel yang nyambung ke batre d sambubgkan ke batre langsung nyala dan menatter sendiri pengapian tidak ada, apa nya ya

    BalasHapus
  109. Motor saya honda beat karbu, keadaan kontak mati, kabel yang nyambung ke batre d sambubgkan ke batre langsung nyala dan menatter sendiri pengapian tidak ada, apa nya ya

    BalasHapus
  110. Permisi gan,motor saya suzuki smash tittan. Kenapa ya motor saya sering hilang pengapian nya hingga motor saya mogok, tetapi setelah didiamkan kira2 15 menit pengapian nya ada lg

    BalasHapus
  111. Gan, motor saya coil gak mau ngeluarin api, tapi kalo di pasang ke motor lain bisa,, CDI jg bgtu gan, kira² knpa ya? Makasihh

    BalasHapus
  112. Mas mtr ku tiger 2000
    Uda d cek apix dri spul cdi prcikan apix kuat tpi ntar d smbung ke koil tdk ada apinya pdahal koilnya d tes k supra msih bgus mas koilnya trus apix jga hilang timbul mas ap sbabnya y
    Mksih.

    BalasHapus
  113. Mas mtr ku tiger 2000
    Uda d cek apix dri spul cdi prcikan apix kuat tpi ntar d smbung ke koil tdk ada apinya pdahal koilnya d tes k supra msih bgus mas koilnya trus apix jga hilang timbul mas ap sbabnya y
    Mksih.

    BalasHapus
  114. gan motor ane beat gk ada pengapian dah ganti cdi tetep gak ada busi baru mohon solusinya

    BalasHapus
  115. Sy punya motor revo injeksi,, awalnya motor itu normal lalu teman sy menggantikan alat motor yaitu coilnya dgn coil kardulator.. Kemudian coilnya menjadi panas apabila motor itu di stater atau dihidupkan.. Jadi..apa masalahnya dan bagaimana cara memperbaikinya..

    BalasHapus
  116. Tolong saya gan, saya punya motor vega zr dikasih org kondisi tidak hidup, saya langsung cek ke spul ada percikan, tapi yg dari pulser ke cdi ga ada gan.. alhasil ke cdi ga nyetrum itu apablnya ya gan? Tolong pencerahan nya

    BalasHapus
  117. Motor tidak mau hidup klu aki lowbet.

    BalasHapus
  118. Misi gan saya punya masalah dengan pengapian scorpio gan.gabel kiprop dan cdl sudah saya perbarui semuwa dan tpi pengapian nya belum keluwar gan..harap bantuwan gan iya..

    BalasHapus
  119. Misi gan ane mao nanya ane kan punya cdi 28D moric cuma dipasang di mio smile ane gabisa , pas dipasang di motor temen ane bisa itu apanya ya gan kira-kira?kasih pencernaannya gan makasih

    BalasHapus
  120. Terimakasih ilmunya gan tulisannya detail lengkap tersusun dan mudah dipahami. Mantap semoga bermanfaat buat kita semua dan mendapat balasan dari Allah SWT buat si penulis artikel ini.

    BalasHapus
  121. Saya punya honda grand kabel bodi baru kuil baru spul magnet baru ko pengapiannya kecil di kuil gak sampe di busi kira2 penyebabbnya apa yah...

    BalasHapus
  122. Saya punya honda grand kabel bodi baru kuil baru spul magnet baru ko pengapiannya kecil di kuil gak sampe di busi kira2 penyebabbnya apa yah...

    BalasHapus
  123. Aslkm. Gan aku baru saja coba merakit sendiri sistem pengapian motor C70 yang Mesin nya saya ganti dg mesin Grand, jd setelah aku pasang kabel Spull ke CDI trus ke Koil dan sudah aku hubung juga ke Kontak tapi aku pakai kabel bodi C70MK3 jd pas aku tes api nya ada dan hidup...tpi setelah itu tiba2 api nya hilang. Apa solusiny Gan...?

    BalasHapus
  124. Aslkm. Gan aku baru saja coba merakit sendiri sistem pengapian motor C70 yang Mesin nya saya ganti dg mesin Grand, jd setelah aku pasang kabel Spull ke CDI trus ke Koil dan sudah aku hubung juga ke Kontak tapi aku pakai kabel bodi C70MK3 jd pas aku tes api nya ada dan hidup...tpi setelah itu tiba2 api nya hilang. Apa solusiny Gan...?

    BalasHapus
  125. Mau tanya gan.
    Smua sdh di cek,koil,cdi,kiprok alhasil smua bagus.akan tetapi pengapian tdk keluar dri koil.
    Tinggal 2 langkah lg yg blm sy cek.
    Kabel body sm spul.

    BalasHapus
  126. Bang motor saya mega pro 2012 cdi nya bsa di ganti dngan cdi apa yg sama, slain cdi asli,

    BalasHapus
  127. Bang saya mao nanya kalo pengapian hilang pada motor mio sporty .padahal CDI kiprok spull dan yg lain nya bagus gak ada yg rusak .apakah kita harus ganti kabel bodi atau tidak

    BalasHapus
  128. Mau nanya om... Cara cek sepul normal atau tidak itu gimana om. Soalnya ga ada percikan api sama sekali

    BalasHapus
  129. Gan mau nanya gan,gimana cara mancing pengapian spul gan

    BalasHapus
  130. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  131. Mau tanya gan pada waktu kontak on (N) nyala terang .tpi waktu stater satu kali langsung hilang... (setrum)..apa nya gan yg di cek...(aki normal)

    BalasHapus
  132. gan mau tanya ni vario injeksi 150cc,
    msalah sikring antara 12volt sama jalur cdi.
    klo di kasih sikring putus terus,
    klo di jmper itu cdi nya yang panas,
    trus klo cdi nya di lpas, waktu di stat itu pengapian dari koil itu masih ada
    apa emang begitu bawa,an ya atau cdi nya yang rusak
    mohon solusinya
    terima kasih

    BalasHapus
  133. Mohon pencerahan om motor saya mio smile 2009 digas awal berebet dan langsung mati tp diputaran atasnya agak nahan mau nya lepas filter sedikit normal itu pengaruh timing apa ad gejala kelistrikan bermasalah tp dilepas gas langsam ketika digas berbet dan ngempos tks

    BalasHapus
  134. Bang motorku sekarang ini pengapian gk ada. saya cek coil gk ada api, saya cek spull api ada, pas saya pinjam CDI teman motor saya langsung nyala. Saya tes CDI saya dimotor temen langsung gk bisa nyala.otomotis saya beli CDI BARU. NAH INI SAYA BINGUNG,PAS SAYA PAKE CDI YG BARU MOTOR SAYA GK MAU NYALA. SEMPAT NYALA 1 KALI SEKITAR 1 MENIT TIBA2 LANGSUNG MATI . SAYA CEK COIL LAGI MENGGUNAKAN CDI YG BARU APINYA JARANG JARANG KADANG ADA KADANG GK ADA DAN SAYA SEMPAT KESETRUM JUGA . DAN SEKRING SAYA YG 1 SELALU MELELEH JIKA SAYA GANTI BARU
    MOTOR SAYA BEAT KARBU. MOHON INFONYA BANG SOALNYA MOTOR DIPAKE KERJA. HEHE

    BalasHapus
  135. Bang, kalo motor gk pake aki pengapian dari koil gk ada, kalo pake aki pengapian di koil ada itu apanya ya ?
    Jadi motor kalo gak pake aki gak mau nyala. Motor ane Jupiter Burhan

    BalasHapus
  136. Om kalo motor spin susah di stater koil bagus dan kalo di pijit stater cuma suara clik ajj apa nya ?

    BalasHapus
  137. Bang mntor saya supra x 125 pengapian ndk ada pdhal busi coil spule sdah di ganti sama cdi jgk sdah di ganti tpi ndk ada pengapiaanya yg kluar knpa itu bang

    BalasHapus
  138. Syalom mas Motor saya revo absolut tiba2 mati mendadak saat d8 jalan
    Periksa kabel koil ada api tapi tidak mau hidup bang

    BalasHapus
  139. Bang mau tanya motor saya minerva mx2010 pertama normal,tapi lama kelamaan pas dipake jauh Brebet gitu kaya yang abis bensin ,kira2 dari apanya ya bang

    BalasHapus
  140. bang motor saya vega r 2008, motor saya ini tdk mngeluarkn percikan api pada closenya, trus bli close yg baru tapi sama saja, padahal spulnya udah d tes mngluarkn percikan api dari dua kabel warna putih dan hitam. itu kira" apa masalhnya, kontaknya juga masih aman-aman saja

    BalasHapus
  141. Mas saya punya motor Jupiter kalau gak ad aki nya motor nya gak ngeluarin api dari kuil biyasa nya tanpa aki bisa hidup ap penyebab nya mas ???

    BalasHapus
  142. Bos motor saya jupiter z saya pke tiba" mati stelah sya priksa pengapian dri kuil ke busi tidak ada jdi kira" gmna selanjut ny gen

    BalasHapus
  143. Bos motor saya jupiter z saya pke tiba" mati stelah sya priksa pengapian dri kuil ke busi tidak ada jdi kira" gmna selanjut ny gen

    BalasHapus
  144. gan saya punya motor,motor jadul megapro kaburatornya sudah tidak setabil lg apakah masih bisa di perbaiki atau di ganti yg baru demi menghemat biyaya.tq

    BalasHapus
  145. Gan motor saya vega zr .... saat jalan tiba2 mati dan saat di cek keluaran listrik dari koil tidak ada....dan setelah di diamkan beberapa menit listrik dari koil keluar lagi dan bisa di hidupkan kembali yah... kira2 yg rusak komponen apa gan...terimakasih😊

    BalasHapus
  146. bg knpa cdi mio saya keluar pengapian nya di kabel masa yg hitam?
    ?

    BalasHapus
  147. kalau spull supra x di pindahkan ke motor viar pengpianx tidak dirubah warna kabelnya..?? cz tdk ada api sdkitpun

    BalasHapus
  148. kalau motor vega tiba tiba ilang kelistrikan dari mana ya soalnya udaj cba make CDI.Coil Nouvo ttp ganyala kira kira apanya ya

    BalasHapus
  149. Gan, mau tanya baru 1hr bongkar mesin supra x 125 di bengkel. setelah keesokan harinya.motor mati total kelistrikannya. Setelah saya ngecek sederhana. Skring tdk putus. Hanya di aki yg terlalu panas setelah di pegang. Kemungkinan beban yg masuk ke aki terlalu besar. Kira2 apa penyebabnya ya gan? Makasih

    BalasHapus
  150. Bang motor ane jupiter z di cek pengapian yg di kiprok nrmal tapi pas di cek kabel pengapian yg masuk ke koil dari cdi nggk ada.udah coba ganti cdi tetep dia nggk bisa

    BalasHapus
  151. Bg kemareb saya udah ganti semuanya baru spul baru cdi baru koil baru busi baru tetap gak ada api

    BalasHapus
  152. Motor saya vega r 2004,,masalah nya apa bila kabel kunci kontak kita lagakan ke kabel badan,,koil ngeluarkn percikan api!apa bila kunci kontak kita langsung kan koil tdak mngeluarkan percikan api!
    Jdi apa yg perlu d cek bg,mohon masukan dan bantuan nya bg!
    Makasih

    BalasHapus
  153. motor sy sering konslet di soket kiprok. kabel dari sful...
    motor absolut revo, sdah gak pake aki

    BalasHapus
  154. Bang mau tanya nih.
    Motor saya jupiter z 2004 waktu terakhir kali saya pake pas udah hujan saat saya pake motor itu terdengar suara percikan bunga api lalu motornya mogok. Setelah saya diamkan eh motornya nggak mau hidup dan pengapianya pun nggak ada sama skali bang.
    Tolong Infonya bang😇

    BalasHapus
  155. Gan motor saya smesh..CDI..COIL..SPOOL. ..sam kipro uda dganti...tapi tetap ga ada api sama sekali....itu apanya ya gan...terima kasih

    BalasHapus
  156. Selmt siang gan minta informasi, z punya motor jupiter z 2008,pengapinya hilng z cek di kabel koilny gk ad setrum. Upny y gan

    BalasHapus
  157. Bang kenapa api motor saya hilang pas lagi berjLan dan kalo sudah mati kita cek apinya gak ada dari koil
    Kita diemin motor nya sekitaran 5menit kita hidupin lagi motornya hidup bang giliran di bawak jalan sekitar jarak 1 Km mati lagi ya kita diemin lagi hidup lagi
    Apa Kerusakan nya bang?
    Mohonn sangat di bales komentar saya bang saya perlu komentar kamu bang🙏
    Motor revo absolute 2010

    BalasHapus
  158. Mohon pencernaanya om,motor beat karbu pengapian hilang,trs dari kabel hitam strip kuning (coil)pada saat kunci on ad tegangannya

    BalasHapus
  159. Gan mtr saya jupiter mx bunga api dri cdi ada pas dri coil gk ada apa itu kira2 gan, coil udh diganti sma saja gk ada bunga api,,,,,

    BalasHapus
  160. supra sya 125 klo d kontakin songket yg menujul koil keluar api tnpa dstater ataw d engkol knp y

    BalasHapus
  161. Kuil gak ada api dites semua normal kuil dicek motor lain masih hidup motor MX 135

    BalasHapus
  162. Terimakasih kakak guru atas informasinya

    BalasHapus
  163. Pak,,mtor saya fisr, ,,stelah aku bli kunci kontak baru ,,,ktika aku pasang ,di on kan gak hidup ,,stelah aku of kan aku stater hidup pda hal kunci kontak nya of kok hidup y, jika aku on kan mati,, ,kok terbalik y

    BalasHapus
  164. Motor saya merk Royal pengapian dari cdi normal tapi kalo dihubungkan krik coil pengapian tidak ada.untuk coilnya pake yg baru juga sama saja pengapian keluar dari coil tidak ada..Kira -Kira kerusakannya di mana ya.

    BalasHapus
  165. Bos supra x125 saya kan berjalan tiba tiba mati,di liat arus api hilng,apa masalah nya bos

    BalasHapus
  166. Motor saya shogun 125 api keluar dari CDI cuman tidak keluar di coil solusinya gmn bos

    BalasHapus
  167. Bos mau tanya ni motor Blade 125 pengapian dr kiproks menuju CDI ada.. keluar ke koil tdak da.. minta solusinya...

    BalasHapus
  168. Gan motor sy jialing, saat posisi on kabel dari spul langsung ada api saat digores ke body tanpa di starter, saat disambuk ke cdi, kabel menuju koil trs mercik api jk kena body, bgtu jg saat terhubung ke koil, kabel trs mercik api, jika demikian apa yg bermasalah gan?
    Tlg infonya, trims..

    BalasHapus
  169. The Casino Site – Best Online Gambling Sites in Asia 2021
    Discover the luckyclub.live best gambling sites in Asia. to the casino site, the first thing to mention is that it's very fast, very responsive and

    BalasHapus